Jadikan sabar dan sholat sebagai penolong serta akhirat sebagai tujuan utama”. selengkapnya klik disini

File presentasi dengan tampilan OS android


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
(semoga keselamatan dan rahmat Allah, serta keberkahan-Nya terlimpah kepada kalian)

Kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan sedikit tentang file presentasi yang saya buat menggunakan microsoft power point 2013 sebagai media informasi mengenai Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), file ppt yang saya buat  memiliki tampilan yang cukup unik yakni menyerupai tampilan sistem operasi andoid.
Sumber gambar : disini
File tersebut cukup mudah dibuat dengan memanfaatkan beberapa fitur yang disediakan di microsoft power point seperti Hyperlink, action, transition, dsb. Presentasi yang digunakan "berbasis mouse", artinya segala bentuk perpindahan slide  mengikuti klik atau gerakan mouse pada objek atau arah tertentu pada slide. 

Secara keseluruhan file presentasi ini terdiri dari 90 slide, percaya tidak? ,pasti percaya dong hehe. Tapi memang seperti itu adanya dan slide-slide itu tidak akan terasa saat dibuka, sebab pemakaian file presentasi ini seperti memainkan sistem operasi andoid. Oke langsung saja kita lihat beberapa gambaran file presentasi tersebut dibawah ini !

1. Halaman Booting


Halaman booting di desain layaknya pertama kali kita menyalakan sebuah PC, tablet, smartphone dll. denga animasi tampilan loading.  Setelah beberapa saat akan muncul halaman login pengguna.

2. Halaman Login 


Pada halam login terdapat dua tombol yakni tombol shutting down dan tombol konfirmasi untuk login ke halaman desktop. Kemudian pada halaman login ini dilengkapi dengan fitur tanda waktu yang mengikuti waktu lokal perangkat/device yang digunakan.

3. Halaman Desktop


Setelah lagin pengguna maka akan masuk ke halaman desktop yang terlihat pada gambar diatas, terdapat tombol menu untuk memulai tahapan presentasi. Apabila ingin me-restart atau mematikan file presentasi ini dilakukan dengan cara mengarahkan kursor ke bagian atas desktop, maka akan muncul tombol restart dan shutting down.

4. Halaman Menu1


Pada halaman menu1 terdapat beberapa aplikasi terkait yang dapat digunakan untuk presentasi mengenai STMKG  yakni aplikasi sekilas STMKG, Kampus STMKG, dan Pendaftaran. Terdapat juga aplikasi masing-masing program studi di STMKG yaitu Meteeorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi MKG. Apabila kursor diarahkan ke bagian paling kanan, maka layar menu1 akan berpindah ke menu2.

5. Halaman Menu2


Halaman menu2 sama seperti menu1 yakni memiliki beberapa aplikasi untuk presentasi mengenai STMKG , namun saat kursor di arahkan ke pojok kanan menu2, maka akan muncul slider menu aplikasi tambahan.

 6. Aplikasi Sekilas STMKG


Pada aplikasi Sekilas STMKG menjelaskan secara singkat mengenai sejarah berdirinya STMKG dan bagimana sistem pendidikan di STMKG.

 7. Aplikasi Meteorologi


Pada saat aplikasi meteorologi pada menu1 di buka, maka akan muncul halaman seperti pada gambar diatas yakni berupa informasi program studi meteorologi.

8. Aplikasi Instrumentasi


9. Galeri


Galeri pada menu2 berisikan tentang beberapa foto kegiatan yang dilakukan para Taruna dan Taruni di lingkungan  STMKG dan diluar STMKG sebagai gambaran umum.

10. Shutting Down 


Merupakan halaman yang muncul saat file presentasi dimatikan dengan animasi shutting down layaknya di OS android.


Nah itu tadi adalah beberapa gambaran dan penjelasan singkat mengenai file presentasi yang telah saya buat, masih banyak fitur yang dapat digunakan untuk menunjang presentasi mengenai STMKG yang belum di paparkan karena akan panjang jika dimuat disni .hehe

Sekian dari saya dan terima kasih atas ketersediaan pembaca, semoga kedepan dapat diperbaiki apabila terdapat kekurangan ataupun dapat ditembah lagi supaya menjadi lebih menarik.


وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bagikan:

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "File presentasi dengan tampilan OS android"