Jadikan sabar dan sholat sebagai penolong serta akhirat sebagai tujuan utama”. selengkapnya klik disini

Proses Penerimaan Radiasi Matahari oleh Bumi

Radiasi Matahari adalah pancaran energi yang berasal dari proses thermonuklir yang terjadi di Matahari. Energi radiasi Matahari berbentuk sinar dan gelombang elektromagnetik. Pancaran radiasi matahari sebesar 100% masuk ke bumi melalui atmosfer kemudian sampai ke permukaan bumi dan sekitar 30% dari radiasi tersebut akan dipantulkan kembali ke angkasa luar. Proses pemanasan permukaan bumi melalui dua cara yaitu secara langsung dan tidak langsung. Paragraf berikut akan menjelaskan mengenai proses yang umumnya terjadi pada kedua cara tersebut.

(Sumber : disini)

Proses pemanasan secara langsung diantaranya melalui proses absorpsi, refleksi dan difusi . Dimana pada proses absorpsi terjadi penyerapan panas matahari oleh unsur-unsur di atmosfer yang menyerap radiasi tersebut seperti oksigen, nitrogen, ozon, hidrogen dan debu. Kemudian pada proses refleksi pemanasan matahari oleh udara atau atmosfer dan awan kemudian dipantulkan kembali ke angkasa oleh butir-butir air di atmosfer. Selanjutnya proses pada proses difusi terjadi penyebaran sinar/panas matahari ke segala arah oleh atmosfer.

Kemudian pada proses pemanasan tidak langsung diantaranya melalui proses konduksi, konveksi, adveksi dan turbulensi. Pada proses konduksi ini terjadi perambatan panas matahari pada lapisan udara bawah kemudian mengalirkannya ke lapisan udara di sekitarnya. Kemudian pada proses Konveksi terjadi perambatan panas oleh gerakan udara secara vertikal. Selanjutnya proses adveksi terjadi perambatan panas oleh gerakan udara secara horizontal dan pada proses tubulensi terjadi perambatan panas oleh udara yang tidak teratur atau berputar-putar ke atas.

Proses pemanasan secara langsung dan tidak langsung merupakan tahapan proses pemanasan oleh radiasi matahari ke permukaan bumi ,kita dapat mengetahui bahwa terdapat banyak proses didalam dua cara tersebut dan berlangsung cepat. Jadi dapat kita simpulkan bahwa melalui proses tersebut menyebabkan radiasi sinar matahari tidak sepenuhnya diterima oleh permukaan bumi.
Bagikan:

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Proses Penerimaan Radiasi Matahari oleh Bumi"