Jadikan sabar dan sholat sebagai penolong serta akhirat sebagai tujuan utama”. selengkapnya klik disini

Instrumentasi MKG



Mungkin masih banyak belum tau apa itu Instrumentasi khususnya Instrumentasi MKG ,untuk itu akan saya ulas secara singkat dibawah ini .
Gambar 1.Logo jurusan instrumentasi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas :

Instrumentasi adalah alat-alat dan peranti (device) yang dipakai untuk pengukuran dan pengendalian dalam suatu sistem yang lebih besar dan lebih kompleks. 
Instrumentasi sebagai alat pengukuran meliputi instrumentasi survey/ statistik, instrumentasi pengukuran suhu, dll.

Sedangkan MKG merupakan singkatan dari Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Jadi, secara umum instrumentasi MKG merupakan ilmu yang digunakan untuk mempelajari peralatan yang digunakan dalam pengukuran dibidang meteorologi, klimatologi dan geofisika. 

Gambar 2.Instrumentasi mempelajari peralatan pada ketiga jurusan di STMKG

Jurusan Instrumentasi MKG merupakan salah satu Program studi yang ada di STMKG dan saat ini dikatakan menjadi ujung tombak pengembangan SDM dalam mendukung program otomatisasi peralatan MKG di stasiun MKG seluruh indonesia, yang nantinya lulusan dari instrumetasi MKG akan menjadi teknisi dan bertanggung jawab atas kerja peralatan dan menjamin akurasi data keluaran alat guna mendukung analisa prakiraan cuaca dan kegempaan.
  
Lebih lanjut mengenanai visi dan misi Prodi Instrumentasi MKG:

Visi :

Terwujudnya peserta didik mempunyai sumber daya manusia di bidang teknik meteorologi dan geofisika yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah melalui pendidikan dan pelatihan.

Misi :

Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat teknik meteorologi dan geofisika yang memiliki kemampuan  professional dibidang Teknik Meteorologi dan Geofisika.

Menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Meteorologi dan Geofisika serta mengupayakan penerapan untuk mrningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Teknik Meteorologi dan Geofisika.

Standar Kompetensi Jurusan Instrumentasi :

Setelah 1 (satu) tahun mengikuti pendidikan, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melakukan instalasi perbaikan secara terbatas meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika, komunikasi dan komputer.


Setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 (empat) tahun, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melakukan instalasi perbaikan, kalibrasi dan pemeliharaan,peralatan meteorologi, kualitas udara dan geofisika, komunikasi dan komputer.

Terwujudnya peserta didik mempunyai sumber daya manusia di bidang teknik meteorologi dan geofisika yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah melalui pendidikan dan pelatihan.

Fasilitas di Jurusan Instrumentasi :

Laboratorium Instrumentasi 1 & 2

Sedikit gambar dari Peralatan MKG :


sumber: 
Bagikan:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Instrumentasi MKG"

Post a Comment