Jadikan sabar dan sholat sebagai penolong serta akhirat sebagai tujuan utama”. selengkapnya klik disini

Pengukuran Penguapan Menggunakan Evaporimeter Jenis United State Class A Pan

Siklus hidrologi adalah suatu sirkulasi air dari atmosfer ke bumi dan kembali lagi ke atmosfer, berlangsung secara terus menerus dan tidak pernah berhenti. Dengan siklus ini, ketersediaaan air di daratan bumi tetap terjaga.

Proses terjadinya siklus hidrologi melalui beberapa tahapan. Tahapan proses terjadinya siklus hidrologi tersebut antara lain evaporasi, transpirasi, evapotranspirasi, sublimasi, kondensasi, adveksi, presipitasi, run off, dan infiltrasi. 

 Gambar siklus hidrologi (Sumber : disini)

Penguapan merupakan unsur hidrologi yang terjadi pertama kali dan banyaknya penguapan mempengaruhi kadar air dalam proses siklus hidrologi. Hal ini senada dengan harto bahwa, penguapan merupakan unsur hidrologi yang sangat penting dalam keseluruhan proses hidrologi. Meskipun dalam beberapa analisis untuk kepentingan tertentu seperti analisis banjir, hal ini tidak merupakan unsur yang dominan, akan tetapi untuk kepentingan lain seperti untuk analisis irigasi, analisis bendungan, penguapan memegang peranan yang penting (Harto, 1993). 

Proses pengukuran evaporasi dapat dilakukan dengan beberapa alat ukur penguapan, salah satunya adalah dengan evaporimeter united state class a pan. Pada power point dibawah ini akan penulis jelaskan mengenaip engukuran penguapan  menggunakan evaporimeter united state class a pan.

Bagikan:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengukuran Penguapan Menggunakan Evaporimeter Jenis United State Class A Pan"

Post a Comment