Jadikan sabar dan sholat sebagai penolong serta akhirat sebagai tujuan utama”. selengkapnya klik disini

5 Hal Tentang Taruna STMKG


Masing-masing perguruan tinggi memiliki kebanggaan tersendiri bagi para pelajarnya, begitu juga STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) yang memiliki peserta didik dengan sebutan Taruna. Taruna STMKG diharuskan untuk menjalani pendidikan selama 4 tahun sebelum dilantik menjadi ASN BMKG.
Mungkin masih banyak diluar sana yang belum mengetahui tentang Taruna/i STMKG, untuk itu saya akan mengulas sedikit yakni 5 hal tentang Taruna STMKG. Yuk Simak!!!

1. Taruna STMKG mempelajari bidang ilmu yang unik
STMKG memiliki empat program studi yaitu Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi MKG. mengapa unik? karena tidak semua perguruan tinggi memiliki program studi tersebut. Taruna STMKG juga mempelajari mata kuliah Manajemen Aparatur Sipil Negara dan Pendidikan Anti Korupsi sebagai bekal di masa depan saat Taruna STMKG telah lulus pendidikan dan bekerja di BMKG.

PKL Taruna/Taruni STMKG Berkunjung ke Staklim Tangerang Selatan

2. Latar belakang Taruna STMKG
Tidak semua lulusan Sekolah Menengah Atas mampu untuk mengikuti seleksi penerimaan Taruna STMKG, hal ini dikarenakan peserta seleksi harus berasal daru jurusan IPA atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan.

3. Menjalani pendidikan bukan Sekedar perkuliahan 
Sistem pendidikan di STMKG adalah ketarunaan dan dilaksanakan beriringan dengan kegiatan akademik (perkuliahan). Sistem ketarunaan ini dijalankan dengan organisasi resimen dibawah subbag administrasi ketarunaan dan kerjasama STMKG dan dipimpin oleh seorang komandan resimen. sistem ketarunaan ini menuntut para taruna untuk bersikap disiplin dan tidak acuh dengan orang-orang sekeliling.


4.  Seorang yang disiplin
Taruna STMKG dibawah binaan Subbag Administrasi Ketarunaan dan Kerjasama STMKG menajalani pendidikan dengan terikat oleh peraturan. Setiap tindakan yang dilakukan Taruna STMKG akan di kontrol sehingga tidak bisa berlaku sesuka hati. beberapa peraturan yang ada di STMKG antara lain berbaris setiap keluar/masuk kampus, penerapan jam malam bagi taruna pukul 22.00, wajib mengikuti Apel senin, wajib hormat kepada senior dan pembina, dan masih banyak lagi. Jika melanggar peraturan tersebut maka akan terkena hukuman mulai dari hukuman fisik (push up, lari,dll) hingga hukuman berupa angka kesalahan tergantung pada peraturan yang dilanggar.


5. Berprestasi
Kegiatan akademik dan ketarunaan yang padat tidak menghalangi Taruna STMKG untuk berprestasi baik didalam kampus maupun diluar kampus. Banyak Taruna STMKG yang telah berhasil menjadi juara di Lomba Karya Tulis Nasional (LKTIN) dan kompetisi lainnya. bahkan beberapa Taruna STMKG berhasil menjadi pembicara dalam event internasional. STMKG mendukung Taruna-nya untuk berprestasi di luar kampus dengan memberikan perizinan kegiatan hingga memberikan sejumlah dana pendukung.





Yah itu dia 5 hal tentang Taruna STMKG. bagimana menarik bukan?
masih banyak hal lain tentang Taruna STMKG, namun apabila dituangkan di blog ini rasanya akan panjaangg. jadi untuk kalian yang ingin tahu tetang Taruna STMKG silahkan bertanya di kolom komentar !

Terima kasih.
Bagikan:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Hal Tentang Taruna STMKG"

Post a Comment